Selasa, 22 April 2014

Selayang Pandang Konawe Utara



Letak Geografis
           
Kabupaten Konawe Utara dengan ibukota Wanggudu merupakan pemekaran dari kabupaten Konawe, yang terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2007 tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II di Provinsi Sulawesi Tenggara.
            Secara geografis Kabupaten Konawe Utara terletak di bagian utara khatulistiwa, melintang dari utara ke selatan antara 02097’ dan 03086’ lintang selatan, membujur dari barat ke timur antara 121049’ dan 122049 bujur timur.

Batas Wilayah
a.    Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Morowali (Provinsi Sulawesi Tengah) dan Kecamatan Routa (Kabupaten Konawe).
b.   Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Morowali (Provinsi Sulawesi Tengah ) dan laut banda.
c.    Sebelah selatan berbatasan dengan beberapa kecamatan di Kabupaten Konawe.
d.   Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Konawe.

Luas Wilayah

            Luas wilayah Kabupaten Konawe Utara yaitu 500.339  Ha atau 13,38 persen dari luas wilayah Sulawesi Tenggara. Sedangkan luas wilayah perairan laut (termasuk perairan Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe) ± 11.960 Km2  atau 10,87 persen dari luas peraian Sulawesi  Tenggara. Kabupaten Konawe Utara Terdiri dari 10 (sepuluh) kecamatan yaitu Kecamatan Sawa, Motui, Lembo, Lasolo, Molawe, Asera, Andowia, Oheo, Langgikima dan Wiwirano.
            Selain jazirah tenggara Pulau Sulawesi, terdapat juga pulau-pulau kecil yaitu Pulau Labengki Pulau Karama, Pulau Bawulu, Pulau Lambosina, Pulau Meo, Pulau Sisik Utara, Pulau Sisik Selatan.

Pemerintahan

Kabupaten Konawe Utara kini di pimpin oleh H. Aswad Sulaiman.P (Bupati) dan Ruksamin (Wakil Bupati) untuk periode 2011 s/d 2016

 Foto Bupati Konawe Utara (Drs. H. Aswad Sulaiman.P, M.Si)

Foto Wakil Bupati Konawe Utara (Ir. Ruksamin.M.Si)

Nah... berikut ini anda dapat melihat letak Kabupaten Konawe Utara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar